Kamis, 27 Mei 2010

PLASMA TOLAK PENURUNAN BHPP

Petambak plasma PT Central Pertiwi Bahari (CPB) --anak perusahaan Central Proteinaprima Tbk (CPP) menolak penurunan BHPP (biaya hidup petambak plasma) oleh managemen. Besarnya penurunan Rp 350 ribu per bulan untuk jangka waktu enam bulan.

Penolakan ini disampaikan Supriyono, Ketua Tim Pembahas Kemitraan Petambak Plasma (TPKPP) PT Central Pertiwi Bahari saat hearing (dengar pendapat, Red) dengan DPRD Tulangbawang, Kamis (1/4). Supriyono bersama 15 orang yang hadir mewakili petambak yang ada di dua kampung. Yaitu Kampung Bratasena Adiwarna dan Bratasena Mandiri, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulangbawang.

Supriyanto merinci bahwa BHPP yang diberikan selama ini adalah Rp 1,2 juta per bulan ditambah paket natura Rp 350 ribu. "Itu saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup jika tidak ada insentif lainnya," jelasnya. Belum lagi, lanjut Supriyanto, pemotongan BHPP untuk angsuran kredit ke Koperasi Unit Desa (KUD) rata-rata Rp 500 ribu per petambak plasma.

Padahal, dalam kurun waktu tahun 2004 hingga 2008, PT CPB mendapatkan keuntungan yang cukup besar. "Hingga ratusan miliar rupiah setiap tahun," bebernya. Sedangkan, petambak plasma dari tahun ke tahun mengalami kerugian hingga Rp 884,781 miliar pada akhir 2008. Kemudian pada Juni 2009, kerugian mencapai Rp 921,803 miliar.
"Padahal awal terjalinnya hubungan kemitraan antara plasma dengan pihak managemen sangat baik," cetusnya. "Namun, akhir-akhir ini semakin memburuk. Dan menyalahi prinsip dasar kemitraan seperti saling menguntungkan dan berkesinambungan," tambahnya.

Sementara Kepala Kampung Bratasena Mandiri Sugiyanto yang turut mendampingi tim itu mengharapkan anggota dewan dapat menanggapi serius masalah yang disampaikan warganya. Itu mengingat kebutuhan ekonomi masyarakat yang semakin menghimpit. Terutama untuk pendidikan dan kesehatan anak. "Jangan sampai menginginkan kemitraan tersebut terputus," ujar Sugiyanto diamini Kepala Kampung Bratasena Adiwarna M Anwar.(*) Sumber : http://therakyatlampung.com

Tidak ada komentar: